English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim Pengabdian Universitas Pancasakti Terapkan Teknologi Machine Learning pada Usaha Kerupuk Sawi di Takalar

Kemudian, pada 7 September 2024, tim melaksanakan pelatihan bertema “Pemanfaatan Machine Learning untuk Dunia Usaha serta Pentingnya Ilmu Komunikasi dalam Menunjang Kegiatan Bisnis” yang dihadiri oleh Ibnu Akbar selaku pemilik CV Sehat Kerupuk. Pelatihan ini berfokus pada pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning untuk meningkatkan daya saing UMKM, terutama dalam memprediksi permintaan pasar.

Teknologi machine learning memungkinkan mitra untuk menganalisis data penjualan sebelumnya, mengidentifikasi pola konsumsi, dan memperkirakan kebutuhan produksi di masa depan. Teknologi ini membantu usaha kecil dan menengah (UKM) seperti CV Sehat Kerupuk dalam mengoptimalkan persediaan bahan baku, meningkatkan efisiensi produksi, dan mengurangi risiko kelebihan atau kekurangan stok. Selain itu, Tim PKM juga membahas pentingnya ilmu komunikasi dalam menunjang keberhasilan strategi pemasaran.

Dengan adanya sinergi antara teknologi dan komunikasi, diharapkan usaha kerupuk sawi ini dapat semakin berkembang dan siap menghadapi tantangan pasar yang semakin dinamis. (*)

News Feed