English English Indonesian Indonesian
oleh

Pimpinan Hamas Umumkan Siap Perang Panjang Melawan Israel

FAJAR, GAZA–Pimpinan Hamas Yahya Sinwar mengatakan pada hari Senin bahwa kelompok perlawanan Palestina tersebut memiliki sumber daya yang cukup untuk berperang jangka panjang melawan Israel.

Sinwar, yang bulan lalu menggantikan pemimpin Hamas yang terbunuh Ismail Haniyeh, mengatakan hal itu dalam sebuah surat kepada sekutu kelompok itu di Yaman.

“Kami telah mempersiapkan diri untuk berperang dalam perang yang melelahkan,” kata Sinwar dikutip dari The New Zealand Herald, Selasa (17/9/2024).

Pertempuran mematikan masih terus berkecamuk di Jalur Gaza yang terkepung, di mana para medis dan penyelamat mengatakan pada hari Senin bahwa serangan Israel – yang tidak dikomentari oleh militer – menewaskan sedikitnya dua lusin orang.

Serangan terbaru itu terjadi ketika Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memperingatkan prospek penghentian pertempuran dengan militan Hizbullah di Lebanon semakin meredup, yang sekali lagi menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya konflik regional yang lebih luas.

Gallant minggu lalu mengatakan Hamas, yang serangannya pada 7 Oktober memicu perang, “tidak lagi ada” sebagai formasi militer di Gaza.

Sementara Sinwar, dalam suratnya kepada Huthi Yaman, mengancam bahwa kelompok-kelompok yang berpihak pada Iran di Gaza dan di tempat lain di wilayah tersebut akan “mematahkan keinginan politik musuh” setelah lebih dari 11 bulan perang.

“Upaya gabungan kami dengan Anda” dan dengan kelompok-kelompok di Lebanon dan Irak “akan mematahkan musuh ini dan mengalahkannya”, kata Sinwar.

News Feed