English English Indonesian Indonesian
oleh

International Student Festival 2024 di Unhas, Interaksi Antarbangsa Melalui Budaya

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) kembali menggelar International Student Festival 2024 yang berlangsung di JK Arenatorium, GOR Unhas, Kampus Tamalanrea, pada Minggu (15/9).

Kegiatan tahunan ini menjadi ajang pertemuan budaya internasional yang tidak hanya mempererat hubungan antar mahasiswa dari berbagai negara, tetapi juga memperkuat komitmen Unhas dalam mendukung kerja sama akademik dan kebudayaan lintas bangsa.

Acara dibuka dengan sambutan dari perwakilan mahasiswa internasional, Ali Elayyan (Yordania), yang mengungkapkan rasa bangganya bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan berharga bagi kami untuk memperkenalkan budaya negara asal sekaligus mempererat hubungan dengan mahasiswa lokal. Melalui kerja sama dan dialog lintas budaya, kita dapat memperkuat ikatan dan pemahaman antarbangsa,” tuturnya

Secara resmi, kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., yang dalam sambutannya menggarisbawahi pentingnya kegiatan ini dalam memperluas wawasan mahasiswa mengenai dunia internasional. khususnya melalui stand-stand yang disediakan oleh perwakilan mahasiswa internasional.

“International Student Festival merupakan salah satu kegiatan strategis bagi Universitas Hasanuddin untuk memperkenalkan budaya negara-negara sahabat dan mendekatkan mahasiswa pada peluang pertukaran pelajar internasional. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Unhas dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang negara-negara mitra akademik Unhas,” jelasnya.

Prof. Sumbangan juga mengapresiasi kerja keras panitia dalam menyukseskan acara ini dan menegaskan komitmen Unhas dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas dan optimal bagi mahasiswa internasional. “Kami senantiasa membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional yang ingin menimba ilmu di Universitas Hasanuddin. Selain menyediakan kurikulum yang berstandar internasional, kami juga memastikan lingkungan akademik yang kondusif bagi perkembangan intelektual mereka,” jelas Prof. Sumbangan Baja.

Lebih lanjut, beliau berharap bahwa mahasiswa internasional tidak hanya fokus pada studi akademik, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam mempelajari bahasa dan kebudayaan lokal, khususnya budaya Makassar.

“Kami berharap melalui festival ini, mahasiswa internasional dapat memperkaya pengalaman mereka dengan memahami keunikan budaya Indonesia. International Student Festival ini adalah salah satu cara bagi mereka untuk lebih mendalami kebudayaan lokal sekaligus membangun kerja sama internasional yang lebih kuat di masa depan,” Jelasnya.

Di sisi lain, mahasiswa lokal juga diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka wawasan global dan meningkatkan kemampuan intercultural.

Dengan partisipasi aktif mahasiswa dari berbagai negara, International Student Festival 2024 sukses menciptakan suasana multikultural yang interaktif, di mana para peserta dapat berinteraksi secara langsung melalui berbagai stan budaya, pertunjukan seni, serta kuliner khas dari masing-masing negara.

International Student Festival 2024 dimeriahkan oleh pameran stan dari negara Jordan, Sudan, Yemen, Afghanistan, Burkina, Faso, Madagaskar, Palestine, Pakistan, Honduras, Timor Leste. Dilengkapi dengan kehadiran Aussie Banget Corner, Warung Prancis, Korea Corner, German Corner, Mandarin Corner, Japan Corner, dan Education USA. (*)

News Feed