English English Indonesian Indonesian
oleh

Inklusivitas dan Inovasi: Museum Kota Makassar Hadirkan Virtual Tour pada Kegiatan Museum Keliling di YPAC

MAKASSAR, FAJAR — Museum Kota Makassar dengan bangga memperkenalkan Virtual Tour Museum sebagai bagian dari upaya inklusivitas dan inovasi proyek perubahan PKP Angkatan XXI, Nur Rahmiani. Hal ini tentu mempermudah akses ke kekayaan budaya dan sejarah.

Acara Museum Keliling yang digelar di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Makassar, Selasa (17/9/2024) menjadi momen penting untuk merayakan langkah maju dalam memperluas jangkauan layanan museum kepada semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Museum Kota Makassar Syaifuddin, S.S, menekankan bahwa Virtual Tour Museum adalah terobosan signifikan yang memungkinkan masyarakat.

Terutama bagi mereka yang menghadapi keterbatasan mobilitas, untuk menjelajahi koleksi museum tanpa harus berkunjung langsung.

“Virtual Tour ini dirancang untuk memberikan akses yang lebih inklusif dan luas. Kini, teman-teman di YPAC dan masyarakat luas dapat menikmati kekayaan budaya dan sejarah kami dengan lebih mudah dan nyaman,” ujarnya.

Keterlibatan langsung Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Ir. Hj. Andi Herfida Attas yang juga merupakan salah satu pengurus YPAC Makassar, memberikan dorongan besar bagi terlaksananya proyek ini.

Menurutnya, kolaborasi ini tidak hanya menjadi wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap inklusivitas, tetapi juga mendorong terwujudnya akses yang lebih luas ke dunia sejarah dan budaya bagi komunitas difabel yang selama ini sering kali menghadapi keterbatasan akses fisik.

Melalui Virtual Tour, para siswa di YPAC Makassar dapat menjelajahi peninggalan bersejarah dan situs budaya yang sulit dijangkau secara fisik, tanpa perlu meninggalkan ruang kelas mereka. Teknologi ini menghadirkan gambar dengan resolusi tinggi dan informasi audio visual yang memungkinkan setiap pengunjung untuk memahami setiap detail sejarah secara menyeluruh.

News Feed