English English Indonesian Indonesian
oleh

Bimtek Smart Teaching Dorong Peningkatan Skill dan Kapasitas Guru Lebih Profesional

FAJAR, PANGKEP– Tingkatkan skill dan kapasitas menjadi lebih profesional. Guru mulai tingkatan satuan pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Pangkep mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart Teaching.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, Dr Sabrun Jamil menyampaikan bahwa Bimtek ini ingin mewujudkan pembelajaran Smart Teaching sebagai pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital.

“Juga sebagai bentuk strategi inovatif untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Konsep ini didukung oleh penggunaan perangkat teknologi seperti laptop, tablet, proyektor, dan aplikasi pembelajaran berbasis web atau mobile, dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, fleksibel, dan personal,” paparnya.

Ia juga mengurai beberapa komponen penting dalam Smart Teaching yaitu dengan pemanfaatan tekonologi digital.

“Karena pesertanya juga langsung guru-guru. Dimana untuk pembelajaran itu, guru menggunakan alat-alat seperti smart board, video konferensi, dan platform e-learning untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Teknologi ini memungkinkan pembelajaran jarak jauh (e-learning) dan meningkatkan akses siswa terhadap sumber daya pendidikan dari seluruh dunia,” jelasnya.

Selain itu, mendorong pembelajaran berbasis data dengan penggunaan analitik pendidikan untuk melacak perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang lebih personal.

“Dengan data ini, guru bisa membuat keputusan yang lebih tepat mengenai metode pengajaran yang paling efektif untuk setiap siswa,” katanya.

News Feed