English English Indonesian Indonesian
oleh

Platform Jubir AI, Teknologi Baru Bantu Cakada Lebih Dikenal Masyarakat

FAJAR, MAKASSAR — Satu lagi platform kecerdasan buatan (AI). Namanya jubir.ai hadir sebagai inovasi yang dapat membantu calon kepala daerah (cakada).

Utamanya dalam menyampaikan visi dan gagasan mereka secara interaktif kepada masyarakat.

AI Dev & AICO Member, Sulfikar Suaib mengatakan, mesin kecerdasan buatan ini, tidak hanya diciptakan untuk mengelola pengetahuan calon kepala daerah. Tetapi juga menyampaikan informasi tersebut langsung kepada publik melalui media sosial atau platform jubir.ai sendiri.

Selain itu, kata dia, dengan bantuan teknologi ChatBot Jubir.ai pada Admin Panel GOVI cakada, memudahkan cakada pengambilan keputusan dalam merumuskan gagasan berlandaskan base knowledge RPJPD daerah pemilihan cakada.

“Teknologi terbaru ini memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tanpa harus bertanya secara langsung,” ucapnya, Sabtu, 14 September 2024.

Sebab kata dia, AI akan memetakan dan menyampaikan gagasan dari tiap cakada secara akurat.

“Jadi kita tidak boleh takut AI bakalan menggantikan calon kepala daerah, tidak. Kecerdasannya kita yang buat tapi ada mesin yang mampu mengelola,” tuturnya.

Sehingga bisa menghasilkan sebuah pengetahuan dan menyampaikan ke masyarakat dengan lebih luas.

Mengenai keamanan data, Sulfikar mengakui bahwa tidak ada sistem yang benar-benar aman 100 persen. Namun dia menjamin jika jubir.ai memiliki standar keamanan yang ketat.

“Kenapa berani kami publish karena data yang ada di jubir.ai hanyalah data yang betul-betul dipublish oleh calon kepala daerah bukan data yang sifatnya rahasia,” ujarnya.

News Feed