English English Indonesian Indonesian
oleh

BTPD Gelar Edukasi Pasca Kecelakaan Lalu Lintas

FAJAR, PAREPARE — Upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, penting untuk melakukan upaya edukasi guna mencegah kejadian kecelakaan saat berkendara dan meningkatkan keselamatan jalan. Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulawesi Selatan bekerja sama dengan PT Jasa Raharja Cabanga Sulsel, Satlantas Polres Parepare, dan RSUD Andi Makassau Parepare dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pasca kecelakaan dalam rangka Pekan Keselamatan Jalan 2024 di Terminal Tipe A Induk Lumpue Parepare.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat khusus pengendara di Parepare dalam pencegahan kecelakaan saat berkendara di jalan raya karena keselamatan menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Kepala BPTD Kelas II Sulsel Bahar, Sabtu, 14 September.

Bahar menuturkan pihaknya mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dan dapat memahami kegiatan ini juga bersama-sama menciptakan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman. Edukasi ini sebagai sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelajar terkait pentingnya keselamatan di jalan raya.

Dia mengatakan pemerintah telah menerbitkan Perpres No 1 Tahun 2022 tentang Penetapan RUNK Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tujuannya untuk menurunkan indeks fatalitas korban kecelakaan lalu lintas jalan sebesar 85 persen per 10.000 kendaraan. Dan 65 persen per 100 ribu penduduk pada tahun 2040.

“Dengan target mencegah setidaknya 50 persen fatalitas dan cedera akibat kecelakaan lalu lintas jalan pada Tahun 2030,” ujarnya.

News Feed