English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM FK UMI Edukasi dan Periksa Tekanan Darah dan Kadar Glukosa Warga Takalar

FAJAR, MAKASSAR—Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Kali ini dilakukan “Penyuluhan Awam dan Monitoring Tekanan Darah dan Kadar Glukosa Darah sebagai pencegahan penyakit Degenaratif bagi masyarakat”.

Digelar di Desa Binaan, yaitu Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Kamis,12 September.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh dr. Hermiaty nasruddin, M.Kes selaku ketua tim
dan dr. Rezky Putri Indarwati Abdullah, M.Kes, FISPH, FISCM sebagai anggota.

Ketua Tim PKM, dr. Hermiaty nasruddin, M.Kes mengatakan kegiatan tersebut merupakan penyuluhan secara umum, terkait dengan apa itu tekanan darah tinggi dan kadar glukosa darah.

Ini akan berimplikasi terkait penyakit hipertensi dan diabetes melitus atau kencing manis yg biasanya di fahami oleh orang awam.

“Jadi penyuluhan ini lebih banyak di harapkan kepada orangtua atau orang dewasa tua diusia sekitar 40-50 an tahun,” ucapnya.

Ini diharapkan untuk bisa mencegah kejadian hipertensi dan diabetas melitus menjadi berlanjut. Sehingga ini bisa menjadi bahan acuan untuk pencegahan digeneratif.

“Kita tekankan di desa paddingi, Takalar. Disana banyak orangtua yang sebenarnya jarang memeriksakan kesehatannya secara berkala,” ucapnya.

Anggita PKM, dr. Rezky Putri Indarwati Abdullah, M.Kes, FISPH, FISCM mengatakan
pengabdian ini dilakukan pada 40 an orang warga diperiksa. Setengahnya mengalami gula darah dan tekanan darah tinggi.

“Mereka ini baru sebagian yang mengetahui dirinya mengalami ham tersebut. Nah jadi kami sarankan untuk memeriksakan ke dokter atau puskesmas untuk mendapatkan obat rutin,” ucapnya.

News Feed