English English Indonesian Indonesian
oleh

BK Minta Seleksi KPID dan KI Sulsel Dibatalkan, KJPP Apresiasi

FAJAR, MAKASSAR– Koalisi Jurnalis Peduli Penyiaran (KJPP) Sulsel memberikan apresiasi tinggi kepada Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulsel atas kinerja dan integritas yang ditunjukkan dalam menangani kisruh seleksi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Komisi Informasi Sulsel.

Hasil pemeriksaan dan rekomendasi yang dikeluarkan, BK merekomendasikan agar pimpinan DPRD tidak meneruskan hasil uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPID dan Komisi Informasi yang telah dilakukan pada 16-17 April 2024 kepada gubernur untuk ditetapkan.

Pimpinan DPRD Sulsel harus menjalankan rekomendasi dari BK karena ditemukan ada pelanggaran dalam proses uji kelayakan dan kepatutan. KJPP menyambut baik keputusan tersebut dan memberikan dukungan penuh terhadap langkah Badan Kehormatan DPRD.

Koordinator Koalisi jurnalis peduli penyiaran, Muhammad idris menilai bahwa rekomendasi ini adalah langkah yang tepat untuk memastikan proses seleksi berjalan secara adil dan transparan.

Sebagai tindak lanjut, KJPP mendesak agar DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan perekrutan ulang calon anggota KPID dan Komisi Informasi dari awal, dengan melibatkan semua organisasi profesi serta masyarakat secara luas.

“Hal ini diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan publik terhadap proses seleksi dan memastikan bahwa calon yang terpilih benar-benar memenuhi standar yang diharapkan dalam menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional,” kata Muhammad Idris, Kamis (12/09/2024). (edo)

News Feed