English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengembang Harap-harap Cemas

Kuota Subsidi Tambahan
Belum Terealisasi

FAJAR, MAKASSAR – Para pengembang masih harap-harap cemas. Sebab, kuota tambahan rumah subsidi yang dijanjikan pemerintah belum kunjung tereaisasi. Pembangunan perumahan subsidi di beberapa lokasi terpaksa disetop sementara

Padahal, sejumlah asosiasi pengembang sempat membeberkan, jika September ini bakal ada kuota tambahan. Mengingat kuota pokok yang diberikan sebelumnya sudah habis sejak Juli. Sementara kebutuhan hunian masyarakat terus meningkat

Pengurus DPP Real Estate Indonesia (REI), Abdul Malik mengatakan, saat ini prosesnya sedang bergulir. Para pengembang masih menunggu kuota rinci untuk setiap regional.

”Sekarang ini masih on procces. Jumlah kuotanya sudah ada yang disepakati, 34 ribu untuk seluruh Indonesia. Cuma belum ada kesepakatan antara kementerian dan pengembang di daerah,” ujarnya kepada FAJAR, Minggu, 8 September 2024.

Namun, kata dia, dalam waktu dekat ini akan penandatanganan tambahan kuota tersebut, antara kementerian dengan pihak perbankan. Setelah itu, baru bisa berbicara lebih banyak mengenai pembagian kuota ke setiap daerah.

”Semoga dalam waktu dekat sudah bisa penandatanganan lagi untuk penambahan kuotanya itu. Insyaallah kalau tidak ada halangan pekan depan sudah bisa,” lanjutnya.

Khusus untuk Sulsel, dia juga belum bisa menjamin berapa kuota yang bisa diberikan. Sebab semuanya sangat bergantung dengan kebijakan perbankan, sebagai pihak rekanan yang menyelenggarakan perumahan subsidi.

”Cuma untuk Sulsel saya juga ini belum tahu berapa, karena itu nanti tergantung kebijakan perbankan. Karena kuotanya ini bukan regional, diserahkan ke bank pelaksana rumah subsidi,” ungkapnya.

News Feed