English English Indonesian Indonesian
oleh

Pekan Pesantren Angkatan VII, Kapolrestabes Makassar Bangun Pemahaman ISO Kepada Maba UMI

FAJAR, MAKASSAR – Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Dr Mokhamad Ngajib, SIK, MH, didaulat membawakan materi pada Pekan Pesantren Mahasiswa Baru Universitas Muslim Indonesia (UMI), Selasa, 10 September 2024.

Pada pekan pesantren maba UMI angkatan VII ini dipusatkan di Pesantren Mahasiswa Unggulan Darul Mukhlisin UMI, Padanglampe, Pangkep.

Dalam kesempatan itu, Kapolrestabes Makassar hadir memberikan materi bertajuk Membangun Pemahaman Mahasiswa dalam Sertifikasi The International Organization for Standardization (ISO).

Dipandu Dekan Fakultas Hukum (FH) UMI Prof Dr Rinaldi Bima, SH, MH; Kapolrestabes Makassar, Dr Mokhamad Ngajib, SIK, MH, menjelaskan bahwa perbedaan antara ISO dan SNI adalah pihak yang mengeluarkan standardisasinya.

ISO dikeluarkan oleh organisasi nonpemerintah ISO (International Organization of Standardization). Sedangkan SNI dikeluarkan oleh BSN (Badan Standardisasi Nasional). Luas jangkauan standardisasinya pun juga berbeda.

“Bagi yang belum mengetahui pengertian ISO, ISO adalah kependekan dari The International Organization for Standardization. Ini adalah badan nonpemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi,” bebernya.

“Meskipun tidak ada perusahaan yang dipaksa untuk mematuhi standar ISO, memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa pemasok Anda mengelola bisnis mereka dengan standar yang konsisten yang mendorong pemborosan dan biaya dan mendorong kualitas produk dan pengiriman. Dengan adanya organisasi ini akan membuat ISO memberikan spesifikasi untuk kelas dunia dalam berbagai macam hal,” sambungnya.

News Feed