English English Indonesian Indonesian
oleh

Genjot Cetak Insinyur dan Tendik Teknik

Rekomendasi FDTI


FAJAR, MAKASSAR— Dean’s Course 2024 yang diinisiasi oleh Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) melahirkan beberapa rekomendasi. Anatara lain; menggenjot lahirnya insinyur-insinyur yang memiliki karya dan tenaga kependidikan (tendik) dalam pengembangan pendidikan keteknikan.

Sekadar diketahui, Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjadi tuan rumah pelaksanaan event nasional ini. Diikuti 142 peserta, perwakilan Fakultas Teknik dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kegiatan digelar di auditorium Al-Jibra UMI Makassar, Senin, 9 September 2024.

Dekan Fakultas Teknik UMI, Dr Mukhtar Thahir Syarkawi kepada FAJAR, Selasa, 10 September 2024 menuturkan
para dekan yang tergabung dalam Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) ini lebih banyak membahas soal sumber daya manusia seperti tenaga pendidik (tendik) yang mumpuni di bidang teknik.

“Intinya bagaimana menggenjot lahirkan generasi penerus, dan menggenjot SDM yang bisa memajukan Fakultas Teknik ke depan, terutama yang bisa memimpin fakultas mendatang,” ujarnya.

Sebab, lanjutnya, ini menjadi salah satu bagian penting dalam menelorkan program-program yang membumi untuk Fakultas Teknik di Indonesia. “Diharapkan lahir Teknisi muda dari Indonesia yang bisa dikenal mendunia. Baik itu karena mereka jadi tenaga pendidik atau membuat karya,” ucapnya.

Ketua FDTI, Prof Selo mengatakan FDTI ini perlu memikirkan program-program yang sifatnya strategis, tidak perlu banyak.
“Barangkali hanya beberapa program saja, tetapi itu kita laksanakan dengan baik, satukan visi, menjalin sinergi, maka kita berharap melalui program yang sedikit itu akan besar dampaknya,” ucapnya.

News Feed