English English Indonesian Indonesian
oleh

Unismuh Bakal Jadi Kampus Ramah Lingkungan Berbasis Islam

FAJAR, MAKASSAR— Unismuh Makassar bakal melaunching Green Islamic Futuristic. Nantinya kampus yang beralamat di Jalan Sultan Alauddin Makassar itu akan menjadi kampus dengan konsep ramah lingkungan yang tak terlepas dari nilai-nilai Islam.

Hal tersebut diungkap Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda saat kegiatan pengukuhan 3.311 mahasiswa baru di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin, 9 September 2024. Ia menuturkan, persiapannya sudah jauh-jauh hari dilakukan. Sisa mau dipoles menjadi lebih teratur sesuai standar internasional.

Seperti toilet harus bersih, taman pengelolaan kampus ramah lingkungan dengan memiliki resapan hujan, juga punya pengelolaan air bersih. Tak kalah penting Unismuh akan memiliki pengendalian limbah.

“Itu semua untuk fisiknya, beda lagi pembinaan SDM nya. Mindset mengenai Green Islamic Futuristik sudah diatur dan ditunjang sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Budaya ramah lingkungan harus lahir di kampus. Apalagi, lanjutnya, Makassar didesain menjadi kota dunia, makanya Unismuh harus menjadi bagian dari hal tersebut. “Tidak boleh kita acuh tentang apa yang telah dicanangkan pemerintah. Unismuh juga mau menjadi ikon dari pengembangan kota dunia,” ucapnya.

“Mainset akademisi dan civitas akademika yang ada di Unismuh, harus berfikir ramah lingkungan, islamic dan futuristik,” sambungngnya.

Kepala LLDIKTI) Wilayah IX, Dr Andi Lukman, menegaskan Unismuh Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di wilayah IX dengan akreditasi institusi unggul. Menurut dia, keunggulan Unismuh Makassar tidak lepas dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

News Feed