English English Indonesian Indonesian
oleh

Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer, Diskes Pinrang Lakukan Kaji Tiru di Jawa Tengah

FAJAR, PINRANG — Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pinrang terus melakukan transformasi layanan kesehatan.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan memboyong 18 puskesmas untuk melakukan kaji tiru di Puskesmas Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada 4-7 September 2024.

Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan bagian dari kegiatan transformasi pelayanan kesehatan primer yang merupakan pilar pertama dari transformasi sistem kesehatan yang digagas oleh Kemenkes RI.

“Ini merupakan gagasan Kemenkes RI dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengatasi masalah kesehatan,” kata Kadis Kesehatan Pinrang drg Dyah Puspita Dewi, Senin, 9 September 2024.

Dyah membeberkan bahwa kaji banding ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik puskesmas di Pinrang untuk menambah wawasan dan bisa melaksanakan program ILP.

“Ke depannya harus punya rencana, semoga ILP-nya Pinrang akan lebih baik nantinya,” ucapnya.

Dyah menuturkan, bahwa saat ini puskesmas di Pinrang sudah memiliki tim. Bahkan sudah ada melakukan peluncuran Program ILP di PKM Lanrisang.

“Sudah ada yang launching, cuma desa belum siap untuk ILP, hanya sebagian desa saja. Kami punya tugas untuk kesepakatan komitmen kapus binaan untuk segera wujudkan ILP sampai ke desanya dan komitmennya harus dijalankan dengan baik. Pinrang insyaallah bisa,” harapnya. (ams)  

News Feed