English English Indonesian Indonesian
oleh

Selamat Datang Peserta Rakornas Forum Dewan Pendidikan di Kota Makan Enak

FAJAR, MAKASSAR – Ratusan pengurus Dewan Pendidikan dari berbagai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia akan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Forum Dewan Pendidikan Indonesia di Makassar, yang akan berlangsung pada 11-13 September 2024 di Hotel Aryaduta Makassar.

Ketua panitia pelaksana, Aminuddin Tarawe, menyatakan bahwa lebih dari 80 kabupaten dan kota telah melakukan registrasi secara online. Diperkirakan, total peserta yang akan hadir mencapai 180 orang, di luar peserta peninjau dari beberapa Dewan Pendidikan tingkat provinsi.

Rakornas yang mengusung tema Reposisi Dewan Pendidikan dan Pembangunan Pendidikan di Indonesia ini akan membahas program kerja serta penguatan kelembagaan Dewan Pendidikan. Panitia juga mengundang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, untuk hadir dalam forum ini.

“Mas Menteri akan diwakili oleh salah satu dirjen di forum ini, dan sudah ada konfirmasinya,” tambah Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Selain Nadiem, anggota Komisi X DPR RI, Prof. Zainuddin Maliki, dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. Ashabul Kahfi, juga diundang sebagai narasumber. Prof. Zainuddin akan membahas pendidikan umum, sementara Dr. Kahfi akan mengulas pendidikan agama.

Narasumber lainnya adalah Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn., yang akan memaparkan posisi perguruan tinggi sebagai produsen tenaga pendidik.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, dijadwalkan untuk membuka secara resmi forum ini. Danny Pomanto juga akan menjadi pembicara kunci, menyampaikan pemaparan mengenai pembangunan pendidikan di Kota Makassar.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo, menyambut dengan hangat kedatangan peserta Rakornas di Bumi Anging Mammiri. Sebagai tuan rumah, Rudianto menegaskan bahwa pihaknya siap melayani delegasi Dewan Pendidikan dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

“Selamat datang di Kota Makassar, Kota Anging Mammiri,” ujar Rudianto.

Pembagian Komisi

Selain rapat pleno, Rakornas juga akan diwarnai dengan sidang komisi. Steering Committee telah mengelompokkan peserta dalam tiga komisi. Komisi A akan membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Dewan Pendidikan, Komisi B akan membahas rekomendasi, dan Komisi C akan membahas program kerja Forum Dewan Pendidikan Indonesia.

“Pada komisi rekomendasi, diharapkan bisa diputuskan kota tuan rumah penyelenggaraan Rakornas tahun 2025,” kata Aminuddin Tarawe.

Aminuddin menambahkan bahwa sidang komisi akan berlangsung pada hari kedua Rakornas. Hasil atau keputusan dari setiap komisi akan dibahas dalam sidang pleno. (*)

News Feed