English English Indonesian Indonesian
oleh

Unismuh Kukuhkan 3.311 Mahasiswa Baru, Dirangkaikan Pemberian Penghargaan kepada Prodi Berprestasi

FAJAR, MAKASSAR— Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengukuhkan 3.311 mahasiswa baru (Maba) jenjang D3, S1, S2, dan S3 Tahun Akademik 2024/2025.

Kegiatan ini dihelat secara luring dan daring, dipusatkan di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Senin, 9 September 2024.

Pengukuhan digelar dalam momentum Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dipimpin Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda.

Plt Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr Burhanuddin mengatakan jika Jumlah pendaftar peminat pertama di Unismuh, sebanyak 11.157 orang, pendaftar peminat kedua sebanyak 10.950 orang.

Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lulus tes sebanyak 4.084 mahasiswa, dan yang mendaftar ulang sebanyak 3.311 orang.

Jumlah mahasiswa baru Unismuh terdiri dari maba Fakultas Agama Islam sebanyak 624 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 608 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 540 orang, dan Fakultas Ekonomi Bisnis 466 orang.

Maba Fakultas Teknik berjumlah 426 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 180 orang, Fakultas Pertanian 117 orang, Fakultas Hukum 28 orang, dan Pascasarjana 322 orang.

Prosesi pengukuhan Maba ditandai dengan pembacaan ikrar yang dipimpin Rektor Unismuh. Kemudian pemakaian jas kepada perwakilan mahasiswa dari semua Fakultas di Unismuh, yang disematkan Dekan masing-masing.

Dalam acara pengukuhan ini, Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) WIayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) Dr Andi Lukman, dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse memberikan motivasi kepada maba Unismuh.

Lima Pesan Rektor

Dalam sambutannya, Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda menyampaikan lima pesan penting kepada para mahasiswa baru.

“Pertama, jadilah manusia muda yang dewasa dengan mulai menata diri. Segala sesuatu berada dalam kendali diri Anda, maka lakukan semuanya secara mandiri. Memasuki babak baru menjadi seorang mahasiswa, segala sesuatu kalian lakukan secara mandi tanpa arahan dari kedua orang tua,” ujarnya.

Kedua, Rakhim Nanda juga mengimbau mahasiswa untuk mulai merancang masa depan dan perencanaan yang matang. “Manfaatkan waktu kuliah sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi akademik melalui karya-karya yang dapat dihasilkan,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan pentingnya prestasi non-akademik, khususnya di bidang kepemimpinan. “Di Unismuh, pembinaan kepemimpinan disiapkan mulai dari tingkat program studi, fakultas, hingga universitas,” jelasnya.

Keempat, jangan biarkan energi negatif merusak masa depan kalian. Ia menekankan pentingnya menjaga mental dan semangat selama menjalani masa kuliah.

Kelima, Rektor menekankan pentingnya mendekatkan diri kepada Allah, mengingat Unismuh adalah kampus Islami yang mengusung konsep Green Islamic Futuristic. “Selalu jaga spiritualitas dalam kehidupan akademik kalian,” imbuhnya.

Keunggulan Unismuh Makassar

Kepala LLDIKTI) Wilayah IX, Dr Andi Lukman, menegaskan bahwa pilihan untuk melanjutkan pendidikan di Unismuh Makassar adalah langkah yang sangat tepat.

“Unismuh Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di LLDIKTI Wilayah IX dengan akreditasi institusi unggul.

Di wilayah ini, hanya ada dua perguruan tinggi yang memperoleh akreditasi unggul,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa keunggulan Unismuh Makassar tidak lepas dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, termasuk jumlah profesor berkompeten yang akan mendukung proses pembelajaran dan persiapan kesuksesan mahasiswa.

“Unismuh Makassar tidak hanya melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga catur dharma perguruan tinggi dengan menambahkan kemuhammadiyahan sebagai bagian integral dari pendidikan,” ujarnya.

Dalam era transformasi pendidikan saat ini, Dr Andi Lukman menekankan pentingnya mahasiswa untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang baik.

“Catur dharma perguruan tinggi, termasuk kemuhammadiyahan, memberikan karakter tambahan yang akan membentuk mahasiswa menjadi individu yang berkualitas,” terangnya.

Amanah Ketua Muhammadiyah Sulsel

Dalam amanahnya, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse menekankan bahwa memilih Unismuh adalah keputusan yang sangat tepat.

Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa mahasiswa baru akan menemukan tempat yang tepat untuk berkembang, dengan program studi yang telah berstatus unggul.

“Empat tahun dari sekarang, kami berharap kalian dapat kembali ke sini mengenakan toga sebagai wisudawan yang sukses,” ujarnya.

Untuk mencapai kesuksesan, Ambo Asse menekankan perlunya perencanaan yang matang, komitmen, dan disiplin. Ia mengingatkan mahasiswa untuk menyelesaikan studi dalam waktu yang singkat dan berdoa kepada Allah untuk kesuksesan.

“Selalu berdoa dan bertawakal kepada Allah, serta jangan lupa meminta doa dari orang tua,” pesannya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga reputasi kampus, yang telah diakui sebagai Kampus Sehat Islami oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Kita juga memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga kampus ini tetap bersih dari narkoba dan sehat,” ujar Prof. Ambo.

Pemberian Penghargaan

Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada program studi (prodi) yang berhasil mencatatkan prestasi terbaik dalam dua kategori, yakni “Kelulusan Tepat Waktu” dan “Keberhasilan Studi”. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda.

Berikut adalah daftar program studi penerima penghargaan dalam dua kategori. Untuk kategori Peringkat Terbaik Kelulusan Tepat Waktu, di Klaster 1 (5-100 mahasiswa) penghargaan diberikan kepada Prodi Magister Pendidikan Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Pendidikan Fisika.

Di Klaster 2 (101-200 mahasiswa), penghargaan diterima oleh Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Dokter, dan Agribisnis. Sementara di Klaster 3 (201-300 mahasiswa), penghargaan diraih oleh Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Akuntansi, dan Ilmu Administrasi Negara.

Untuk kategori Peringkat Terbaik Keberhasilan Studi, di Klaster 1 (1-100 mahasiswa), penerima penghargaan adalah Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan Ekonomi Islam. Sedangkan di Klaster 2 (101-200 mahasiswa), penghargaan diberikan kepada Pendidikan Dokter.

Dengan pengukuhan ini, mahasiswa baru Unismuh Makassar diharapkan siap menjalani masa perkuliahan dan mampu berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.(wis)

News Feed