English English Indonesian Indonesian
oleh

Paradigma Cassandra dan Masa Depan Danau Tempe

Ketika semua membicarakan masa depan Danau Tempe, tidak hanya membicarakan nasib sebuah danau. Akan tetapi juga nasib ribuan orang yang menggantungkan hidup mereka pada ekosistem ini.

Dalam beberapa dekade mendatang, perubahan iklim diperkirakan akan semakin memperparah kondisi lingkungan di daerah ini. Dengan meningkatnya suhu dan perubahan pola curah hujan, tantangan yang dihadapi Danau Tempe akan semakin berat.

Tindakan nyata yang didukung oleh bukti ilmiah harus segera diambil. Jika tidak, seperti Cassandra semua pihak akan menyaksikan peringatan tentang keruntuhan ekosistem yang terus berulang, tanpa ada perubahan signifikan. Danau Tempe, dengan semua kekayaan ekologis dan potensinya, dapat menjadi korban dari ketidakpedulian kita dan menjadi sebuah tragedi yang seharusnya bisa dihindari.

“Pada akhirnya, kita harus bertanya? Apakah kita akan terus mengabaikan peringatan ini dan membiarkan Danau Tempe tenggelam dalam kerusakan yang tak terelakkan, atau kita akan belajar dari Paradigma Cassandra dan mulai bertindak sebelum terlambat,” ucapnya. (edo)

News Feed