English English Indonesian Indonesian
oleh

Ibe S Palogai Ajak Pembaca dan Pengunjung Jelajahi Makna Hidup dalam Buku dan Pameran Terbaru

FAJAR, MAKASSAR-Penulis dan seniman, Ibe S. Palogai, resmi meluncurkan buku terbarunya yang berjudul “Hidup Tetap Berjalan dan Kita telah Lupa Alasannya” bersama penerbit Gramedia Pustaka Utama. Bersamaan dengan peluncuran buku, Ibe juga menggelar pameran puisi yang mengangkat tema serupa. Acara ini diadakan dari tanggal 30 Agustus hingga 8 September 2024 yang bertempat di Rumata’ Art Space jalan Bontonompo No. 12A, Makassar.

Buku puisi “Hidup Tetap Berjalan dan Kita telah Lupa Alasannya” merupakan sebuah refleksi mendalam tentang perjalanan hidup manusia. Ada masa ketika puisi-puisi ini ingin membicarakan tentang kebutuhan manusia atas validasi dan pada waktu yang sama mengalami perundungan secara emosional. Pada kesempatan yang lain, puisi-puisi ini ingin ditulis sebagai jalan kecil ketika kita perlahan-lahan kehilangan kepolosan masa remaja dan mulai membangun dua bentuk kehidupan: kehidupan yang akan kita jalani dan kehidupan yang akan selamanya kita pertanyakan. Pada kesempatan yang berbeda, sejumlah puisi ingin ditulis dengan bersenang-senang pada kompleksitas manusia yang indah, rapuh, dan apa adanya.

Dalam pamerannya, Ibe menghadirkan karya-karya instalasi yang menginterpretasikan puisi-puisi dalam bukunya. Itu menjadi alasan mengapa Ibe menyebut itu sebagai pameran puisi. Pengunjung diajak untuk berinteraksi dengan karya-karya tersebut dan menemukan makna pribadi masing-masing.

“Saya berharap sesuatu yang juga diharapkan oleh hampir semua makhluk hidup, bahwa entah bagaimana kita menjadi bagian dari sesuatu yang lebih lapang dari diri sendiri, di mana saya memainkan peran, peran nyata yang entah bagaimana dapat membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik.” ujar Ibe.

News Feed