English English Indonesian Indonesian
oleh

Pimpinan Unhas Ziarahi Makam Sultan Hasanuddin

FAJAR, MAKASSAR-Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-68, Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa beserta jajaran pimpinan lingkup Unhas melakukan kunjungan ziarah makam pahlawan nasional Sultan Hasanuddin dan perkuburan keluarga Unhas. Kunjungan berlangsung mulai pukul 08.00 Wita di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (06/09).

Mengawali kunjungan makam, Rektor Unhas Prof . JJ menyampaikan kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan, sekaligus mengenang sejarah kepahlawanan Sultan Hasanuddin. Dirinya menambahkan melalui ziarah makam diharapkan semakin meningkatkan motivasi dan semangat bagi para sivitas akademika untuk terus berperan membentuk Unhas lebih unggul dan berkualitas.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan ziarah makam ini menunjukkan bahwa Unhas memiliki kepekaan terhadap nilai nilai budaya. Meskipun Unhas memiliki target capaian menuju World Class University (WCU), akan tetapi tetap mengakar pada nilai leluhur dan budaya.

“Ini menjadi salah satu agenda rutin yang tiap tahun dilakukan, selain sebagai rangkaian Dies Natalis, ini juga menjadi pengingat tentang sejarah Sultan Hasanuddin yang teguh berjuang mencapai cita cita dengan semangat. Kita mengharapkan, Unhas memiliki semangat yang tinggi dalam membangun peradaban seperti sejarah yang melekat pada namanya, Sultan Hasanuddin,” jelas Prof. JJ.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan cerita sejarah singkat Sultan Hasanuddin yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya (Dr. Mardi Adi Armin, M.Hum) yang menggambarkan perjuangan Sultan Hasanuddin melawan penjajah dan semangat tinggi mempertahankan kerajaan gowa kala itu.

News Feed