English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi RS Ibnu Sina dan FK UMI Edukasi Masyarakat Terkait Gangguan Mineral dan Tulang pada Penyakit Ginjal Kronik

FAJAR, MAKASSAR — Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina Yayasan Wakaf (YW) Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Fakultas Kedokteran UMI mengadakan seminar untuk umum.

Kali ini sekaligus sebagai pengabdian masyarakat dan dakwah yang mengangkat topik “Mengenal Gangguan Mineral dan Tulang pada Penyakit Ginjal Kronik”. Digelar di Aula lt. 2 Gedung A – RS Ibnu Sina YW-UMI Makassar. Jum’at, 6 September 2024.

Narasumber yang dihadirkan yakni dr Indah Lestari Daeng Kanang, SpPD (dokter spesialis penyakit dalam RS Ibnu Sina YW-UMI) serta di moderatori oleh dr Rezky Putri Indarwati Abdullah, M.Kes, FISPH, FISCM (dokter jaga unit Dialisis RS Ibnu Sina YW-UMI).

Dokter jaga unit Dialisis RS Ibnu Sina YW-UMI,
dr Rezky Putri Indarwati Abdullah, MKes, FISPH, FISCM menjelaskan saat ini banyak masyarakat yang tidak paham mengenai apa itu gangguan mineral dan tulang pada kronik gagal ginjal kronik.

“Ini sekaligus sebagai penyuluhan awam, jadi kebanyakan pasiennya tidak faham tau tentang ini. Sebab membahas terkait gangguan mineral tulang yang belum pernah diadakan sebelumnya. Sehingga pasien tidak banyak tau tentang ini,” ucapnya.

Selain memberikan edukasi, para peserta atau pasien yang hadir juga dilakukan pemeriksaan kalsium dan fosfat.

“Nah kita jelaskan juga kakau pemeriksaan seperti ini harusnya secara teori, rutin dilakukan setiap tiga sampai enam bulan sekali,” tuturnya.

Ketika ini rutin dilakukan, kata dr Rezky, saat ada saja keluhan dari pasien seperi ngilu lalu dilakukan pemeriksaan ini maka cepat tertangani.

News Feed