English English Indonesian Indonesian
oleh

Hadapi Ancaman Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk, Ini Tips Tingkatkan Keamanan dan Kesiapsiagaan

FAJAR, MAKASSAR — Tragedi kebakaran yang terjadi di kawasan padat penduduk
Agustus lalu, semakin menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi
ancaman kebakaran.

Insiden ini menjadi contoh nyata dari banyaknya tragedi kebakaran di Indonesia, di mana korsleting listrik sering kali menjadi penyebab utama, terutama di kawasan permukiman padat penduduk.

Sebagai perusahaan jasa Security Solutions, Nawakara menekankan, pentingnya
pencegahan dan kesiapsiagaan sebagai langkah awal untuk mengurangi dampak
kebakaran.

National Operation Support Division Head Nawakara, Panji Baskoro mengungkapkan, bahwa kebakaran di kawasan permukiman merupakan ancaman kebakaran yang paling sering terjadi di Indonesia.

Oleh karenanya sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui pengetahuan dan keterampilan praktis agar masyarakat dapat melindungi diri dan orang-orang di sekitar mereka dari ancaman kebakaran.

“Salah satu contohnya adalah menyiapkan dua koper yang berisi masing-masing surat-surat berharga, dan pakaian. Koper ini disimpan di tempat yang mudah dijangkau namun tetap aman dan jauh dari potensi api dan mudah dibawa saat bencana terjadi,” ucap pria yang juga merupakan spesialis dalam produk Emergency Response Team (ERT).

Dengan begitu, kata dia, masyarakat dapat segera melakukan evakuasi dengan membawa barang-barang penting secara cepat dan efisien saat terjadi kebakaran.

Nawakara mengajak masyarakat untuk lebih waspada dengan memahami tips keamanan kebakaran serta mengenal teknologi deteksi dini yang dapat membantu mencegah bencana yang lebih besar.

News Feed