English English Indonesian Indonesian
oleh

Nomor Satu di Liga 1, Jebolan Akademi Dominan di PSM

MAKASSAR, FAJAR – Banyak pemain muda di PSM. Dominan alumni akademi.

SAAT ini, PSM Makassar menjadi tim dengan komposisi pemain akademi terbanyak pada Liga 1 musim 2024/2025. PSM melibatkan 17 pemain jebolan akademi di skuad utama.

Padahal, total pemain PSM yang tercatat di Liga 1 hanya 32 saja. Artinya, 53,12 persen skuad PSM dihuni oleh pemain akademi.

Kondisi ini membuat PSM menjadi tim dengan skuad akademi terbanyak, mengalahkan Bali United dengan 14 pemain, Persija 14 pemain, Persib 11 Pemain, dan Barito Putera 11 pemain.

Selain itu, PSM juga menjadi tim dengan skuad termuda pada Liga 1 musim ini. Secara rata-rata, usia skuad PSM Makassar berada di angka 23,6 tahun.

PSM disusul oleh PSIS Semarang dengan rata-rata usia skuad yang sama. Hanya saja, PSIS unggul jumlah pemain dengan 34 orang dalam skuadnya, sementara PSM hanya 32 pemain saja.

Kemudian Persis, Persebaya, dan Madura melengkapi lima besar. Persis dengan rata-rata usia skuad 24,1 tahun, Persebaya 24,6 tahun, dan Madura United 25,1 tahun.

Pengamat sepak bola Assegaf Razak mengatakan kondisi ini menunjukkan bahwa PSM mampu mengelola akademi dengan baik dan terbukti bisa mengorbitkan pemain muda berbakat.

”Artinya PSM ini mampu mengorbitkan pemain muda bagus. Berarti pelatih yang sukses karena berani memberi peran kepada pemain akademi. Kan, jarang ada pelatih yang berani begini,” ujarnya kepada FAJAR, Rabu, 4 September.

Lebih lanjut eks juru taktik PSM Makassar itu menilai, para pemain muda juga tidak mengecewakan saat diberi kepercayaan. Sehingga, kombinasi yang lahir di atas lapangan sangat bagus dan efektif.

News Feed