English English Indonesian Indonesian
oleh

Jaksa Teladan di Tengah Masyarakat

Ajaran teologi Islam mengingatkan bahwa pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu, hanya dengan adab, engkau akan memahami ilmu. Sebagai seorang jaksa, seharusnya langkah yang ditempuh ketika melihat sesuatu yang tidak benar adalah langkah hukum atau pun yang dibenarkan dengan mempertimbangkan analisis dampak yang akan terjadi.

Di sinilah kedewasaan sebagai seorang jaksa sangat dibutuhkan. Seharusnya jika oknum jaksa tersebut ingin melaporkan pimpinan pada satuan kerjanya di Kejari Tapanuli Selatan atau pada satuan kerja lainnya atas dugaan perbuatan tertentu.

Ada Mekanisme

Telah ada jalan yang disiapkan secara internal melalui Bidang Pengawasan atau pun jalan lainnya secara benar, tetapi setelah dilaporkan tidak boleh dimedsoskan atau diviralkan di media sosial dengan foto/video disertai kata-kata yang dapat melukai etika di ruang publik sebagai seoarang jaksa yang dapat menimbulkan persepsi publik negatif terhadap institusi kejaksaan.

Kita bersepakat bahwa setiap warga negara meliki hak konstitusional dalam menyampaikan pendapat di ruang publik, tetapi kita harus mengingat bahwa kebebasan tersebut juga memiliki batasan dan harus menjaga harkat dan martabat warga negara lainnya.

Tidak ada pembenaran yang dapat dilakukan mengatasnamakan warga negara dengan cara melanggar hukum atau pun norma yang hidup di masyarakat. Diketahui oknum jaksa fungsional di Kejari Tapanuli Selatan masih baru di kejaksaan dan baru selesai mengikuti PPPJ. Usianya masih muda dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kejaksaan.

News Feed