English English Indonesian Indonesian
oleh

Jaksa Teladan di Tengah Masyarakat

Oleh: Ferry Tas*

Tindak tanduk seorang jaksa menjadi perhatian publik. Baik ketika bertugas, maupun tidak, karena masyarakat melihat bahwa diri kita sebagai seorang jaksa.

Kejaksaan Agung Republik Indonesia makin menunjukkan kinerja terbaik di bawah kepemimpimpin Jaksa Agung Prof Sanitiar Burhanuddin. Kejaksaan hadir menjawab tuntutan masyarakat terhadap penegakan hukum yang humanis, berintegritas, dan tuntas.

Setelah menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik, hasil survei terbaru yang dilakukan pada 18-20 Juni 2024  yang dirilis Litbang Kompas mencatat citra positif kejaksaan berada di angka yang cukup tinggi, yakni 68,1 persen.

Peneliti Litbang Kompas Vincentius Gitiyarko mengungkapkan, berdasarkan survei tersebut, citra positif lembaga kejaksaan mencapai angka tertinggi dalam dua tahun terakhir. Hasil yang telah dicapai merupakan pertanggungjawaban publik atas kepercayaan mereka terhadap kejaksaaan.

Ada pesan yang sangat mendalam disampaikan oleh Jaksa Agung pada amanat hari lahir kejaksaan, 2 September. Jaksa Agung menyampaikan bahwa “Masyarakat selalu mengawasi dan menilai setiap langkah yang kita ambil. Kita semua adalah etalase wajah Kejaksaan, untuk itu jaga diri, jaga institusi, jangan merusak nama baik institusi dengan tindakan tidak terpuji! Karena kepercayaan publik adalah indikator keberhasilan kita dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum.”

Amanat tersebut merupakan pesan moral agar setiap insan Adhyaksa menjadi teladan di tengah masyarakat, secara khusus terhadap seorang jaksa. Tindak tanduk seorang jaksa menjadi perhatian publik. Baik ketika bertugas maupun tidak, karena masyarakat melihat bahwa diri kita sebagai seorang jaksa.

News Feed