English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unismuh Makassar Paparkan Konsep Kampus Hijau Islami dan Futuristik di UTM

FAJAR, MAKASSAR- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar memperkenalkan konsep yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, ramah lingkungan, dan futuristik dalam pengembangan kampusnya. Konsep ini disampaikan oleh Rektor Unismuh Makassar Dr Abd. Rakhim Nanda dalam presentasinya saat Sharing di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru pada, Selasa 3 September 2024.

Sharing session yang dikemas dalam kegiatan bernama “Intelectual Royal Discussion and Exchange Ceremony” tersebut, diikuti Pimpinan UTM, University of Nigeria, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Airlanggar, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Bengkulu.

Rakhim Nanda menjelaskan bahwa konsep “Integrated Green-Islamic-Futuristic” menjadi landasan utama dalam rencana penataan kampus Unismuh. Konsep ini tidak hanya menitikberatkan pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pembentukan mindset yang islami, ramah lingkungan, dan terbuka terhadap inovasi.

“Unismuh sebagai universitas swasta di bawah naungan Muhammadiyah harus mengedepankan pembangunan yang berkelanjutan, baik dari segi infrastruktur maupun pengembangan karakter civitas akademika yang berpegang teguh pada nilai-nilai Islam,” ujarnya.

Tiga Elemen Utama

Konsep ini mengintegrasikan tiga elemen utama: pemikiran Islami yang ramah lingkungan, pengelolaan universitas yang berkelanjutan, serta fasilitas kampus yang mendukung pembelajaran modern dan inovatif.

Pemikiran Islami dan lingkungan yang ramah diwujudkan dalam kurikulum yang menanamkan nilai-nilai Islam serta kesadaran lingkungan. Sementara itu, pengelolaan kampus mencakup praktik berkelanjutan seperti penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan sampah yang efisien.

News Feed