English English Indonesian Indonesian
oleh

Pekerja Bisa Raih Sarjana Hanya Dua Tahun

*Unifa Buka RPL
untuk Jenjang S-1

FAJAR, MAKASSAR— Universitas Fajar (Unifa) Makassar merupakan perguruan tinggi pertama di Sulsel yang memprogramkan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat yang telah berpengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Proses pendidikan di program RPL cukup singkat. Pengalaman kerja dari mahasiswa dikonversi menjadi nilai. Tahun ini Unifa kembali membuka program RPL untuk jenjang Strata 1 (S-1) khusus Fakultas Ekonomi dan Ilmu sosial. Lama perkuliahan minimal empat semester atau dua tahun, sudah bisa menyandang gelar sarjana.

Sebelumnya, Unifa sudah membuka RPL untuk program magister. Kini sudah melahirkan dua angkatan alumni. Tahun lalu, ada 30 orang alumninya dari prodi komunikasi.

Kemudian, tahun ini ada 27 mahasiswa terdiri dari 11 mahasiswa program Magister Ilmu Komunikasi dan 16 mahasiswa program Magister Manajemen. Rata-rata yang mengambil program ini adalah pekerja. Tak sedikit di antaranya adalah pejabat maupun eksekutif di perusahaan swasta.

Rektor Unifa Makassar, Dr Mulyadi Hamid mengatakan jika kelas reguler, kuliah S-1 biasa membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk lulus, namun RPL S-1 di Unifa paling cepat hanya berkisar dua tahun. Hanya saja, kata dia, itu diperuntukkan bagi mereka yang sudah bekerja dan memiliki pengalaman.

“Tergantung hasil assessmentnya. Semakin banyak yang diakui untuk konversi nilainya, maka semakin singkat kuliahnya.
Waktu dua tahun tersebut tentu sudah cukup cepat untuk mendapatkan gelar sarjana,” ujarnya.

News Feed