English English Indonesian Indonesian
oleh

Geng Indonesia Resahkan Warga Jepang, Junico Minta Kemlu Serius Tangani

FAJAR, JAKARTA–Anggota Komisi I DPR RI Junico Siahaan mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memberi perhatian serius terhadap video viral di media sosial yang menunjukkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) membuat geng di Jepang yang meresahkan warga setempat.

Menurutnya, ini menyangkut citra Indonesia di luar negeri. Karena itu, ia meminta Kemlu untuk melakukan pengusutan terkait video ‘geng WNI’ di jalanan Jepang itu.

“Dan jika informasi tersebut benar agar segera mengatasinya karena dapat merusak nama baik Indonesia di dunia internasional,” ujar Junico Siahaan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Dalam video yang viral, ‘geng WNI’ di jalanan Jepang itu disebut telah menyebabkan keresahan karena membuat susah orang yang hendak melintas. Tercantum pula di unggahan media sosial, seseorang mengacungkan celurit namun wajahnya ditutup. Lokasi kejadian diduga terjadi di Osaka, Jepang.

Bagi Junico yang karib disapa Nico Siahaan itu hal ini tidak bisa dianggap enteng. “Ini masalah penting, apalagi diduga sudah ada barang berbahaya. Kami meminta Pemerintah, dalam hal ini Kemlu untuk melakukan pengusutan segera,” tutur Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Pemerintah dilaporkan telah melakukan penelusuran terkait informasi tersebut melalui  Kedutaan Besar RI Tokyo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka. Kemlu juga mencoba berkomunikasi dengan perwakilan warga Indonesia di Jepang.

Nico mengatakan, pengawasan kepada WNI di luar negeri tidak boleh hanya sekadar formalitas. Ia juga mendorong Kemlu untuk menggandeng Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk mengatasi persoalan ini, termasuk dalam hal pengawasan para pekerja WNI di luar negeri.

News Feed