English English Indonesian Indonesian
oleh

Darmawangsyah Muin Ajak Seluruh Pihak Junjung Kehormatan dan Kebesaran Sejarah Kerajaan Gowa

FAJAR, GOWA — Anugerah Lestari Budaya Lembaga Adat Anrong Guru Taeng dan Milad ke-6 Pertabalan Anrong Guru Taeng 2024 resmi digelar.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Haji Bate, Sungguminasa, Rabu malam, 4 September 2024.

Ada beberapa rangkaian acara pada kegiatan tersebut. Yakni, silaturahmi pemangku adat se-Sulsel, anugerah lestari budaya, orasi kebudayaan, dan pagelaran seni budaya.

Diketahui Anrong Guru Taeng atau Bali Empona Kerajaan Gowa memiliki tugas sebagai dewan pertimbangan dan sebelumnya dijabat oleh Alauddin Karaeng Emba, yang juga merupakan kakek dari Darmawangsyah Muin yang kini mengemban amanah tersebut.

Anrong Guru Taeng, Darmawangsyah Muin mengatakan, bahwa seluruh pihak berkumpul untuk merenungi dan mengenang kejayaan masa lalu negeri ini, sebuah zaman gemilang yang pernah mewarnai perjalanan sejarah bangsa.

Dia mengatakan, Kerajaan Gowa, dengan segala kebesarannya, telah menjadi saksi sejarah dari peradaban yang luar biasa. Di bawah panji-panji kebesaran raja-raja bijaksana dan kesatria, Gowa pernah berdiri megah sebagai pusat dan kebudayaan yang mempesona.

“Dalam bayang-bayang waktu, kita melihat kemegahan istana, gagahnya para prajurit, dan riuhnya perdagangan yang hidup dengan perekonomian yang maju,” ucapnya.

Sekretaris Gerindra Sulsel ini juga mengatakan, seiring gemerlap sejarah dan peradaban yang ada, selalu ada sosok yang merasa terpanggil untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya ini. Satu di antaranya adalah dirinya, sebagai bagian dari Anrong Guru Taeng sebagai salah satu entitas budaya di Gowa, yang memikul tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa nilai-nilai luhur dan tradisi nenek moyang harus tetap hidup.

News Feed