English English Indonesian Indonesian
oleh

Alumni DBL Dominasi Tim Basket di PON 2024

FAJAR, MAKASSAR- Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara telah dimulai dengan pertandingan cabor basket, berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Sebanyak 10 tim putra dan 10 tim putri, yang terbagi dalam dua grup, berlaga menggunakan format round robin. Dalam format ini, setiap tim akan bertanding empat kali untuk memperebutkan dua posisi teratas di grupnya, yang akan melaju ke babak semifinal.

Di semifinal, juara grup akan berhadapan dengan runner-up dari grup lainnya. Gelaran PON 2024 yang berlangsung sejak 1 hingga 10 September 2024 ini memiliki fenomena menarik, yaitu keterlibatan Honda DBL dalam pengembangan talenta basket muda Indonesia.

Sebanyak 19 dari 20 tim yang berlaga di PON 2024 terdiri dari pemain yang memiliki pengalaman di ajang DBL. Tim-tim tersebut berasal dari berbagai provinsi seperti Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua.

Hadirnya DBL di berbagai kota telah memberikan dampak positif, terutama dalam meningkatkan minat anak-anak muda untuk bermain basket. Selain itu, DBL juga menjadi wadah pengembangan talenta basket yang kemudian dimanfaatkan oleh pengurus daerah dalam mempersiapkan tim untuk ajang-ajang besar seperti PON.

Menariknya, meski provinsi Bangka Belitung belum pernah menjadi tuan rumah DBL, mereka memiliki seorang pemain yang pernah tampil di panggung DBL Bali. Yehezkiel Mahesvara, alumnus SMAN 1 Denpasar dan juara DBL Bali 2019, kini memperkuat tim Bangka Belitung di PON 2024.

News Feed