English English Indonesian Indonesian
oleh

Harganas Tingkat Sulsel, Momentum Revitalisasi Peran Keluarga untuk Pembangunan

FAJAR, MAKASSAR– Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024 sukses digelar di Lapangan Pallantikang, Kabupaten Maros, Minggu-Senin, 1-2 September.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sulsel, Shodiqin, dalam sambutannya mengatakan, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, meskipun unit terkecil namun keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Peringatan Harganas diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam merevitalisasi kembali peran keluarga dalam pembangunan,” kata Shodiqin.

Shodiqin melanjutkan, peringatan Hargnas ke-31 ini mengusung tema “Keluarga Berkualitas menuju Indonesia Emas”.

“Yang mencerminkan komitment kita dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga indonesia menuju tahun 2045 saat kita merayakan 1 abad kemerdekaan Indonesia,” lanjutnya.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi Indonesia saat ini, jelas Shodiqin, adalah isu stunting yang masih menjadi perhatian Utama.

Menurutnya, prevalensi stunting di Indonesia telah mengalami penurunan sebesar 15,7% dalam satu dekade terakhir dengan rata-rata penurunan sekitar 1,57 per tahun.

Namun, angka tersebut masih jauh dari target 14% tahun 2024 sehingga langkah-langkah strategis berfokus pada upaya pengukuran yang tepat dan intervensi serentak pencegahan stunting di seluruh wilayah Indonesia.

“Upaya ini mencakup peningkatan akses dan kesadaran masyarakat terhadap gizi yang baik pada masa pertumbuhan anak serta perbaikan layanan kesehatan ibu dan anak,” kata Shodiqin.

News Feed