English English Indonesian Indonesian
oleh

Ajarkan Keselamatan Lalulintas Sejak Dini

FAJAR, MAKASSAR--Tingginya angka kecelakaan saat berlalu lintas, harus carikan solusi. Salah satunya dengan mengajarkan tentang pentingnya menjaga keselamatan berlalu lintas sejak dini.

Kepala BPTD Kelas II Sulsel, Bahar Latief mengatakan mengajarkan keselamatan berlalu lintas harus dilakukan sejak dini. Tujuannya agar mereka tertanam tentang bagaimana itu cara aman dalam berlalu lintas.

Untuk mendukung program tersebut pihaknya rutin melakukan sosialisasi tentang pekan nasional keselamatan jalan (PNKJ). Dalam program tersebut pihaknya melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Mulai dari tingkat PAUD hingga SMA.

“Pendidikan usia dini untuk keselamatan berlalu lintas sebaiknya dilakukan sejak dini, karena lebih cepat diterima. Harapan selain pada murid paham tentang lalu lintas, mereka juga bisa menjadi agen yang menegur orang tua atau keluarganya jika melanggar lalu lintas,” kata Bahar usai melakukan sosialisasi PNKJ di SD Negeri 1 Daya, Senin (02/09/2024).

Lebih lanjut Bahar menjelaskan sosialisi tentang PNKJ akan terus dilakukan dengan menyasar sekolah-sekolah lain. Dimana pada puncaknya akan digelar di anjungan Pantai Losari pada 13 Oktober mendatang.

Pelbagai kegiatan pun akan digelar dalam acara tersebut. Mulai dari sosialisasi tentang keselamatan jalan, lomba lari, hingga pameran yang melibatkan UMKM.

“Ininya kami berharap agar bisa memberikan pengertian bahwa keselamatan jalan itu tanggung jawab semua pihak. Jangan hanya dibebankan pada satu sisi saja,” akunya.

Bahar menambahkan peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam menjaga keselamatan jalan. Hal ini tidak terlepas dari pengawasan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh orang tua.

News Feed