English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertamina Lakukan Penyesuaian Harga BBM Wilayah Sulawesi Per 1 September 2024, Harga Pertamax Series dan Dex Series Turun

FAJAR, MAKASSAR — PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga jual produk-produk BBM Non subsidi atau Jenis Bahan Bakar Umum (JBU), yang berlaku di SPBU wilayah Sulawesi per 1 September 2024.

Area Manager Communication, Relatioon & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan penurunan harga BBM 1 September 2024.

“Semua jenis BBM nonsubsidi atau yang tergolong Pertamax Series dan Dex Series untuk wilayah Sulawesi saat ini turun harga, ini kita lakukan evaluasi dan penyesuaian secara berkala, bisa turun dan juga naik ataupun tetap karena mengikuti trend minyak dunia dan nilai tukar rupiah,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi Fahrougi mengatakan, harga BBM saat ini seperti harga BBM JBU sesuai mekanisme pasar. “Harga rata-rata publikasi minyak yakni Means of Platts Singapore (MOPS) atau Argus dan juga mempertimbangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika,” ucap Fahrougi.

Adapun harga baru per 1 September 2024 ini sudah sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62/K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Di Sulawesi sendiri terdapat update harga untuk jenis BBM Pertamax dengan nilai oktan 92 (RON 92) tersebut saat ini dibanderol dengan harga Rp13.250 per liter yang sebelumnya Rp13.500 per liter, harga Pertamax Turbo dengan nilai oktan 98 (RON 98) dibanderol seharga Rp14.800 per liter yang sebelumnya di harga Rp15.800 per liter.

News Feed