English English Indonesian Indonesian
oleh

Perekonomian Sulsel Jelang dan Pascapilkada

Serta ada tiga target indikator hanya satu periode yang tidak terealisasi, yaitu indikator inflasi (2018), indikator Gini ratio (2018), dan indikator PDRB per kapita (2020). Artinya tiga indikator tersebut yang terbanyak periodenya berhasil direalisasikan.

Berbagai informasi indikator target perekonomian makro Sulsel tersebut dapat dijadikan referensi bagi calon kandidat pemerintahan yang akan datang dalam menyusun visi, misi, dan strategi yang direncanakan akan dilaksanakannya. Sekurangnya terhadap beberapa indikator utama yang belum berhasil direalisasikan, kedepannya perlu ditargetkan akan berhasil direalisasikan, sedangkan yang sudah terealisasi akan terus mampu ditingkatkan kualitas keberhasilannya.

Dalam kaitan itu, berarti sekurangnya ada tiga target indikator utama pembangunan ekonomi Sulsel yang harus jadi target penanganan secara serius pasca Pilkada, yaitu aspek pengentasan kemiskinan, peningkatan NTP dan NTN. Diikuti oleh dua target indikator penentu keberhasilannya, yaitu target indikator peningkatan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan IPM.

Artinya, bagi calon kepala pemerintahan Provinsi Sulsel yang akan berkontestasi perlu menyiapkan visi, misi, dan rencana kerja pembangunan lima tahun pasca Pilkada, sekurangnya untuk menyelesaikan masalah-masalah target indikator perekonomian utama yang belum terealisasi serta membenahi beberapa kekurangan dari target yang belum sesuai harapan selama masa pemerintahan sebelumnya.

Terakhir, mungkin bagi kandidat yang sebelumnya telah memimpin akan bisa melanjutkan dan membenahi strategi kebijakan pembangunan ekonomi yang belum terlaksana agar sesuai target sambil menambahkan beberapa target kebijakan baru sesuai tuntutan perkembangan kebutuhan.

News Feed