English English Indonesian Indonesian
oleh

Kajati Sulsel Pimpin Upacara Peringati Hari Lahirnya Kejaksaan

FAJAR, MAKASSAR-Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI Ke-79 Tahun 2024 di halaman Kantor Kejati Sulsel, Senin (2/09/2024). Peringatan yang baru pertama kali digelar ini mengangkat tema “Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal”.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Agus Salim bertindak sebagai inspektur upacara hari lahir kejaksaan RI Tahun 2024. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara, yaitu Fakhrul Faisal. Upacara tersebut diikuti oleh Wakajati Sulsel Teuku Rahman seluruh asisten, kepala bagian tata usaha, para koordinator, pejabat struktural dan seluruh pegawai di Kejati Sulsel serta pengurus IAD Wilayah Sulawesi Selatan dan para purnaja Kejaksaan.

Kajati Sulsel, Agus Salim yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia, ST Burhanuddin. Jaksa Agung menyebut tahun ini merupakan peringatan pertama kali hari lahir kejaksaan. Sejarah berdirinya kejaksaan RI bermula dari dilantiknya Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja, sebagai jaksa agung pertama bersama dengan pembentukan kabinet presidensial pertama di Indonesia pada 79 tahun yang lalu.

”Hal ini menandai dimulainya peran Jaksa Agung dan Kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum Indonesia. Penentuan dan penetapan Hari Lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September 1945 tidak ditentukan secara tiba-tiba. Tapi melalui hasil penelitian panjang dari para ahli sejarah yang bekerja sama dengan Kejaksaan untuk menelusuri, menemukan, dan mengumpulkan arsip-arsip nasional yang tersebar di dalam maupun di luar negeri, terutama di Belanda,” kata Agus Salim.

News Feed