English English Indonesian Indonesian
oleh

Vaksinasi Polio di Gaza Dimulai dengan Pembantaian 48 Warga

FAJAR, GAZA–Serangan Israel pada hari Sabtu menewaskan sedikitnya 48 orang di Jalur Gaza, kata otoritas kesehatan Palestina. Pembantaian itu terjadi saat kampanye vaksinasi polio PBB dimulai.

Perserikatan Bangsa-Bangsa akan mulai memvaksinasi terhadap sekitar 640.000 anak di wilayah itu, dengan mengandalkan jeda delapan jam setiap hari dalam pertempuran antara pasukan Israel dan Hamas di wilayah tertentu di daerah kantong yang terkepung itu.

Yousef Abu Al-Reesh, wakil menteri kesehatan Gaza, mengatakan tim vaksinasi akan mencoba menjangkau sebanyak mungkin wilayah untuk memastikan cakupan yang luas, tetapi ia mengatakan hanya gencatan senjata yang komprehensif yang dapat menjamin cukup banyak anak yang dijangkau.

“Jika masyarakat internasional benar-benar menginginkan kampanye ini berhasil, mereka harus menyerukan gencatan senjata, mengetahui bahwa virus ini tidak akan berhenti, dan dapat menyebar ke mana saja,” katanya kepada wartawan di Rumah Sakit Nasser di kota selatan Khan Younis dikutip dari Gulf Times.

Pada hari Sabtu, petugas medis memberikan vaksin kepada beberapa anak di bangsal Rumah Sakit Nasser sebagai langkah simbolis sebelum kampanye resmi dimulai.

Kampanye ini menyusul konfirmasi minggu lalu bahwa seorang bayi lumpuh sebagian akibat virus polio tipe 2, kasus pertama di wilayah tersebut dalam 25 tahun.

Pejabat WHO mengatakan sedikitnya 90% anak-anak perlu divaksinasi dua kali dengan jarak empat minggu antar dosis agar kampanye ini berhasil, tetapi kampanye ini menghadapi tantangan besar di Gaza, yang sebagian besar telah hancur akibat perang selama hampir 11 bulan.

News Feed