English English Indonesian Indonesian
oleh

POGI Makassar Gelar Lokakarya Tingkatkan Etika Profesi dan Kompetensi Dokter Obgyn

FAJAR, MAKASSAR — Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Makassar mengadakan lokakarya bertema “Etika Profesi dan Kompetensi” sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Hotel Claro Makassar, pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua pemateri dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Dr dr Yudi Mulyana Hidayat, SpOG, SubspOnk, DMAS, MKes, dan Staf Obgyn di Departemen Onkologi, RSCM FK UI dr Andi Darma Putra, SpOG. 

Turut hadiri para dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari berbagai rumah sakit di Makassar.

Lokakarya ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman para dokter mengenai etika profesi dalam praktik medis di Bidang Obstetri dan Ginekologi. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang berdampak langsung terhadap kesehatan ibu dan anak.

Ketua POGI Cabang Makassar, Prof Dr dr Syahrul Rauf, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan kembali seluruh anggota POGI tentang pentingnya menjaga etika dan profesionalisme serta mempertahankan kompetensi yang dimiliki. “Kompetensi ini harus dipelihara dan dijaga,” tegasnya.

Prof Syahrul juga menekankan pentingnya kompetensi tersebut karena saat ini pasien lebih kritis dan memiliki akses informasi yang luas melalui media sosial, termasuk dalam bidang kesehatan.

“Jika etika dan komunikasi dengan pasien tidak dijaga, dan terjadi komplikasi, hal tersebut bisa berakibat fatal dan berujung pada masalah hukum,” tambahnya. 

News Feed