English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Asing dari Hafei University of Technology China Ikuti Program Inbound di FIB Unhas

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima 13 mahasiswa asing dari Hafei University of Technology, China. Kedatangan mereka adalah bagian dari program kerja sama non-degree antara Unhas dan Hafei University of Technology, yang berlangsung selama satu semester.

Ketua Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas, Dr Munira Hasyim SS MHum, menjelaskan, selama program ini, mahasiswa asing tersebut akan mengikuti berbagai mata kuliah yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam berbahasa Indonesia, termasuk mata kuliah Keterampilan Menulis, Berbicara, dan Menyimak Bahasa Indonesia, serta Tata Bahasa Indonesia dan Linguistik Indonesia.

Selain itu, mereka juga akan mempelajari mata kuliah pendukung kompetensi, seperti Teknik dan Keteknikan di Indonesia, serta Politik Ekonomi Indonesia.

Program ini juga memberikan fokus pada pembelajaran budaya Indonesia, khususnya budaya masyarakat Sulawesi Selatan. Sebagai bagian dari metode pembelajaran ini, mahasiswa asing tersebut terlibat dalam kegiatan pembelajaran di luar kelas melalui field trip kebudayaan. Pada tanggal 31 Agustus 2024, mereka mengunjungi Istana Balla Lompoa dan Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin.

Selama kunjungan tersebut, mahasiswa asing ini diberikan pemahaman tentang budaya tidak hanya melalui deskripsi konseptual, tetapi juga melalui pengalaman langsung di lapangan.

Program ini menggunakan metode immersion, yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam interaksi sosial dengan masyarakat setempat, sehingga memudahkan mereka untuk memahami dan mempraktikkan penggunaan bahasa Indonesia dalam konteks kehidupan sehari-hari.

News Feed