English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas-UKM Perkuat Kajian Kawasan Pasifik

FAJAR, MAKASSAR— Pusat Kajian Pasifik Selatan Unhas Makassar dan The Institute of Malaysian and International Studies (IKMAS) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dengan bangga mengumumkan inisiasi kerja sama strategis.

Pertemuan bersejarah tersebut, menjadi tonggak awal kolaborasi yang diharapkan akan membawa dampak positif bagi penelitian dan pengembangan kawasan Pasifik Selatan. Dihadiri oleh Kepala Pusat Kajian Pasifik Selatan Unhas Makassar, Prof. Darwis, Principal Fellow IKMAS UKM, yaitu Prof. Dr. Mohd Kamarulnizam Bin Abdullah, Prof. Datuk Dr. Yahaya Ibrahim, Assoc.

Juga ada Prof. Dato’ Paduka Dr. Junaidi Abu Bakar, dan Dr. Hew Wai Weng. Kehadiran para tokoh akademis ini menunjukkan komitmen kedua institusi untuk bekerja sama dalam memahami dan mengatasi tantangan di kawasan Pasifik Selatan.

Agenda utama pertemuan ini adalah untuk membahas perkembangan terkini di kawasan Pasifik Selatan, dengan fokus pada aspek ekonomi dan politik. Para peserta diskusi sepakat jika kerja sama yang melibatkan berbagai pihak penting, terutama kerja sama Quadrilateral sangat diperlukan.

Direktur IKMAS UKM, Prof. Dr. Sufian Jusoh mengusulkan inisiatif ini sebagai upaya untuk mengidentifikasi dan memformulasikan solusi bagi permasalahan kontemporer yang dihadapi kawasan tersebut. Ia menekankan perlunya melibatkan universitas mitra di Australia dan kawasan Pasifik Selatan dalam kerja sama ini.

“Dengan membangun jejaring yang lebih luas, diharapkan penelitian akan menjadi lebih mendalam dan komprehensif,”ucapnya.

News Feed