English English Indonesian Indonesian
oleh

Pakarena, Ruang Berekspresi Peserta Didik

*Inovasi SDN Gunung Sari 1,
Sudah Terdaftar di Kemendagri

FAJAR, MAKASSAR-  SDN Gunung Sari 1 Makassar mewadahi peserta didik unjuk kreativitas melalui ajang Pentas Aksi Bakat dan Kreasi anak (Pakarena). Kegiatan digelar di halaman sekolah, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Dalam kegiatan tersebut, setiap perwakilan  kelas mulai kelas 1 hingga kelas 6 menyuguhkan penampilan terbaiknya. Ada sajian tari kreasi, dance modern, musikalisasi puisi, paduan suara hingga memainkan alat musik.

Mereka tampil di panggung aksi disaksikan seluruh murid dan para guru. Sekadar diketahui, Pakarena ini merupakan terobosan SDN Gunung Sari 1 Makassar yang diprogramkan sejak Juni 2022. Saat ini,  pertunjukkan tersebut dihelat sebulan sekali, di setiap pekan terakhir bulan berjalan.

Kepala UPT SPF SDN Gunung Sari 1 Makassar, Idrus S.Pd, M.Pd menuturkan anak-anak butuh wadah untuk berekspresi. Bakat dan minat mereka yang beragam perlu dikembangkan.

Olehnya, Pakarena  menjadi jembatan untuk mengasah bakat dan potensi yang dimiliki peserta didik.

“Semua tersalurkan, baik potensi seni, budaya, dan akademik. Termasuk wiraga, wirama, dan wirasanya,” ujar Idrus kepada FAJAR.

Selain mengasah potensi, Pakarena juga menjadi wadah membangun kepercayaan diri anak.  Membiasakan mereka tampil di depan umum, untuk melatih mentalitas mereka.

“Yang awalnya masih malu-malu, lama kelamaan terbiasa akhirnya percaya diri,” jelasnya.

Idrus menambahkan, inovasi tersebut kini sudah terdaftar di Kementerian Dalam Negeri. Saat ini, pihaknya sementara berusaha untuk mendapatkan hak cipta.

News Feed