English English Indonesian Indonesian
oleh

Andalan-Hati Usung Misi Keberlanjutan Pembangunan Sulsel

FAJAR, MAKASSAR– Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman – Fatmawati Rusdi (Andalan-Hati) mengusung misi keberlanjutan pembangunan. 

Andalan-Hati yang resmi mendaftar sebagai Cagub-cawagub di Pilkada Serentak 2024, di Kantor KPU Sulsel, Kamis, 29 Agustus. Mereka didampingi sejumlah tokoh petinggi partai koalisi pengusung dan pendukung tingkat Sulsel. 

Misalnya, Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah Erbe, Ketua Hanura Sulsel Amsal Sampetondong, Sekretaris DPD I Golkar Sulsel Marzuki Wadeng, Ketua DPD Partai Gelora Sulsel Syamsari Kitta, dan Ketua DPD PSI Sulsel Surya.

Keduanya merupakan mantan pejabat di lingkup Sulawesi Selatan. Andi Sudirman merupakan Mantan Gubernur Sulsel periode 2021-2023, sedangkan Fatmawati merupakan Mantan Wakil Wali Kota Makassar periode 2021-2024.

Keduanya punya legacy dalam pembangunan dan tata kelola pemerintahan baik di tingkat provinsi maupun kota. Keduanya sepakat mengusung misi keberlanjutan.

Andi Sudirman mengatakan, prestasi pembangunan yang selama ia menjabat telah dilaksanakan akan terus dilanjutkan. Pembangunan infrastruktur jalan yang masif mulai dari daerah Kepulauan Selayar hingga Luwu Timur, daerah Bosowasi, hingga ke wilayah Selatan.

Pembukaan akses jalan daerah terisolir seperti di Seko, Luwu Utara, daerah pertanian sawit Ussu-Nuha-Beteleme di Luwu Timur, pembukaan jalur alternatif Takkalassi-Bainange-Lao yang menghubungkan Barru dengan Soppeng, Bulu Dua Barru-Bone, hingga pembukaan jalan ke jalur wisata pesisir di Bulukumba.

Andi Sudirman mengungkapkan, pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritasnya dalam memimpin Sulsel nanti. Oleh karena itu, ia berharap dukungan bersama antara Pemprov Sulsel, para tokoh politik, sehingga masyarakat bisa terjalin.

“Pembangunan infrastruktur kita bangun, Alhamdulillah kurang lebih 500 km, akses-akses kita buka, penerbangan, pembangunan Alhamdulillah di tengah covid yang menggila waktu itu,” ujar Andi Sudirman saat deklarasi pencalonannya di Hotel Claro Makassar, Kamis, 29 Agustus.

Andi Sudirman mengaku akan mempertahankan pemerintahan dengan pelayanan yang bersih bagi masyarakat Sulsel. Di satu sisi Sudirman mengakui bahwa dirinya lebih senang dalam bekerja dibandingkan banyak berkomentar sehingga dapat mengganggu kinerjanya.

Andi Sudirman menyebut, bahwa merealisasikan pekerjaan gubernur lebih baik dibandingkan hanya menyandang status jabatan gubernur. Ia mendorong sistem gotong royong dalam membangun Sulsel kedepannya.

“Harapan kita ke depan, bagaimana menjadikan Sulsel yang memiliki karakter, bangun bangkit di atas kaki sendiri, tetapi berkarakter. Bangkit maju tetapi tetap Sipakatau Sipakalebbi,” tukasnya.

Andi Sudirman mengungkapkan kebanggaan dan keyakinannya terhadap Fatmawati Rusdi sebagai pasangan calon wakil gubernur. Apalagi, Fatmawati sudah malang melintang dalam dunia legislatif dan eksekutif dari Kabupaten Sidrap, Kota Makassar, hingga di tingkat DPR RI.

“Alhamdulillah, beliau ini saya sudah pernah bekerja sama ketika beliau sebagai Wakil Wali Kota Makassar,” imbuhnya.

Menurutnya, Fatmawati merupakan sosok yang sigap dalam kondisi apapun. Khususnya, kata dia, dalam menangani persoalan pemerintahan.

“Beliau orang yang tenang dan selalu punya solusi, ada persoalan yang mau diselesaikan untuk kenegaraan, beliau datang,” akunya.

Sementara itu, Fatmawati juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Andi Sudirman. Fatmawati percaya di bawah tangan dingin Andi Sudirman yang akan didampinginya memimpin nanti, akan membawa Sulsel semakin baik. “Kami berdua siap membawa Sulsel lebih maju dan berkarakter,” kunci Fatma. (uca)

News Feed