English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM UMI Berdayakan Kelompok Perempuan Padanglampe Belajar Teknik Budidaya Lada Perdu 

FAJAR, MAKASSAR—Universitas Muslim Indonesia (UMI) memiliki pesantren di Padanglampe yaitu Pesantren Darul Mukhlisin yang Luas lahannya ±40 ha.

Lahan di pesantren tersebut sebahagian telah dimanfaatkan untuk pertanaman ladaunggul varietas Natar sejak tahun 2015.

Populasi lada saat ini bersekitar 800 tanaman yang sudah berproduksidan beberapa kali dipanen. Kegiatan bercocok tanam lada belum berkembanganke masyarakat yang berdomisili di sekitar Pesantren Darul Mukhlisin.

Padahal ada kelompok Masyarakat yaitu ibu-ibu yang cukup produktif yang sudah memiliki usahaHome industry, bernama “Sejahtera Bersama”.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan kepada Kelompok Wanita Sejahtera Bersama di Desa Padanglampe.
Tim dosen terdiri dari Prof. Dr. Ir. Netty, M.Si, Dr. Ir. Nurliani, M.Si dan Sitti Rahmah Jabir, SM., MSc., MT.

Tim dosen Prof. Dr. Ir. Netty, M.Si mengatakan
kelompok ini didirikan sejak tahun 2018, beranggotakan 18 orang dan diketuai oleh Ibu Wahidah.

“Kelompok ini membuatproduk Camilan jadi berupa Kripik Pisang, KacangSembunyi dan kue-kue kering, namun proses dan jumlahproduksi masih terbergantung pada pemesanan,” ucapnya.

Kendati demikian, pemasaran produk dari usaha ini berjalan secara tradisional, sehingga produk yang terjual sangat sedikit.

“Nah Permasalahan tersebut, memberikan gagasan pada kami, Tim Dosen Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) UMI untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Mitra Pengabdian,” tuturnya.

Tim PKM UMI di Desa Padang Lampe, Dr. Ir. Nurliani, M.Si mengatakan Tim pengabdi berupaya mengembangkan pertanaman Lada ke Mitra yang ada di sekitar pesantren.

News Feed