English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim III Mahasiswa PPG Unismuh Gelombang 1 2024 Jurusan Bahasa Indonesia Gelar Workshop Gerakan Literasi Siswa Berpuisi

Gerakan literasi berpuisi ini diharapkan akan menjadi agenda rutin di SMPN 33 Makassar, dengan tujuan untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga kaya akan nilai-nilai estetika dan kemanusiaan melalui karya sastra.

“Sangat beruntung siswa yang mendapatkan materi ini dan sangat bermanfaat. Dan memang kami lihat sekarang minat baca siswa masih kurang. Kami berterima kasih kepada mahasiswa PPL yang mengadakan kegiatan ini,” tuturnya.

Perwakilan Kepala SMKN 3 Gowa, Roni Salsa mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program pihaknya yang memang sedang menggencarkan peningkatan minat siswa untuk berliterasi utamanya menulis.

“Kami berharap anak-anak mahasiswa PPL ini tetap menjadi mentor agar karya yang dihadirkan siswa itu memang betul-betul layak untuk dipublikasikan,” terangnya.

Dosen Pengampuh Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan, Aco Karumpa mengatakan bahwa kegiatan proyek ini lahir dari diskusi panjang yang dilakukan bersama mahasiswa sehingga gagasan ini lahir.

“Saya kawal kegiatan ini sehingga lahir ide untuk ada gerakan menulis dan literasi untuk bagi siswa,” tuturnya.

Dia berharap agar pihak sekolah dapat mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan seperti apa yang telah direncanakan.

“Saya mohon kepada kepala sekolah dan guru pamong mendukung kegiatan kita ini,
Kita berharap dengan adanya kegiatan ini ada kesempatan siswa untuk menulis puisi dan karyanya itu akan kami bukukan,” terangnya.

Dia juga mengharapkan ketika buku ini telah diterbitkan pihak sekolah bisa membantu.
“Kalau bisa setelah buku diterbitkan itu dibeli oleh pihak sekolah dan disimpan di perpustakaan agar bisa dibaca oleh anak-anak kita,” harapnya.

News Feed