English English Indonesian Indonesian
oleh

Kadiskes Pinrang Dampingi Ketua Pembina Posyandu Hadiri Rakornas Posyandu 2024

FAJAR, PINRANG — Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Pinrang, yang juga merupakan Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Pinrang, Uswatun Hasanah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Posyandu 2024 yang dilaksanakan di BSD ICE Tangerang, pada Senin, 26 Agustus lalu.

Uswatun didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi dalam kegiatan strategis yang mengusung tema transformasi untuk posyandu baru dengan 6 Standar Pelayanan Minimal (SPM).

SPM ini merupakan hasil integrasi dari 6 OPD terkait, yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pendidikan, serta Dinas Sosial.

Transformasi ini diperkuat dengan perencanaan daerah yang melibatkan Bappelitbangda dan BPKPD sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah, guna memastikan Posyandu dapat berperan maksimal sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menekankan pentingnya peran Posyandu dengan dukungan 6 SPM sebagai salah satu cara untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Posyandu harus menjadi pilar utama dalam mencetak masyarakat yang sehat jasmani dan rohani sejak usia dalam kandungan hingga usia lanjut,” ujar Tito.

Ketua Pembina Posyandu, Tri Suswati Tito, juga menegaskan bahwa Posyandu akan menjadi bagian integral di setiap desa, berfungsi sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Dengan dukungan dari enam pilar SPM, lanjutnya, diharapkan semua target pelayanan dapat tercapai sesuai dengan harapan.

News Feed