English English Indonesian Indonesian
oleh

BI-Kementerian Investasi Perkuat Kerja Sama Layanan Perizinan Ekonomi Keuangan

FAJAR, JAKARTA — Penguatan sinergi dalam menjaga iklim investasi dan daya saing Indonesia menjadi faktor penting dalam menjaga dan meningkatkan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju. Untuk mewujudkan hal ini, Bank Indonesia memperkuat kerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal dalam memberikan layanan perizinan ekonomi keuangan terpadu sesuai kewenangan dan tugas masing-masing lembaga.

Dalam gelaran Central Banking Services Festival (CBFest) 2024 di Jakarta, pada Rabu, 28 Agustus 2024, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Investasi/Kepala BKPM menuangkan penguatan sinergi tersebut dalam Nota Kesepahaman Kerja Sama dan Koordinasi dalam rangka pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang antara Bank Indonesia dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa koordinasi yang dilakukan memiliki implikasi strategis bagi kedua lembaga, dan melingkupi tiga aspek. Pertama, koordinasi pelaksanaan kebijakan investasi dengan kebijakan makroekonomi, moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran baik di tingkat nasional maupun daerah guna menjaga persepsi positif terhadap ekonomi Indonesia. Kedua, koordinasi pelaksanaan promosi investasi baik di tingkat global, nasional, maupun daerah. Ketiga, koordinasi perizinan sektor keuangan dan investasi lainnya guna menjaga iklim investasi dan daya saing Indonesia.

“Koordinasi erat ini tentunya perlu didukung dengan penguatan pemanfaatan data dan/atau informasi serta pengembangan kompetensi sumber daya manusia di kedua lembaga,” kata Perry Warjiyo.

News Feed