English English Indonesian Indonesian
oleh

Peluang Anies Belum Tertutup

JAKARTA, FAJAR–Anies Baswedan masih punya peluang maju pada Pilgub Jakarta. PDIP belum memutuskan usungan.

MEMANG beredar nama paket Pramono Anung-Rano Karno. Hanya saja, itu masih nama opsi lantaran Partai Banteng Moncong Putih belum mengeluarkan SK B1.KWK sebagai syarat mendaftar di KPU.

Jubir Badan Pemenangan Pilkada PDIP Aryo Seno Bagaskoro mengungkap alasan partainya batal mengumumkan mengusung Anies Baswedan bersama Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024.

Seno menjelaskan PDIP memang sengaja mengumumkan jagoan mereka di Pilkada Jakarta 2024 pada masa akhir sebelum pendaftaran pasangan calon dibuka KPU.

“Jadi memang di PDIP daftar atau jadwal untuk mendaftarkan pasangan calon terkait dengan Jakarta ini memang kami simpan di-terakhir,” kata Seno dilansir CNN Indonesia, Selasa (27/8/2024).

Seno menjelaskan kontestasi Pilkada Jakarta 2024 menjadi pusat perhatian politik nasional yang mempunyai daya tarik yang kuat. Oleh karena itu, kata dia, PDIP terus menggodok nama-nama yang muncul untuk diusung sebagai cagub yang akan memperebutkan kursi Jakarta 1.

“Kita tahu betul bahwa Jakarta adalah centre of gravity politik nasional. Kita tahu proses di sini begitu melibatkan banyak pihak dan kader internal kami pun ada cukup banyak yang identik dengan Jakarta,” jelas dia.

“Sehingga selain menerima masukan aspirasi dari luar tentang siapa figur figur yang harus kami calonkan, termasuk dari tokoh-tokoh eksternal yang beredar belakangan,” sambungnya.

Sebelumnya, Anies dikabarkan bakal diumumkan PDIP untuk diusung berpasangan dengan Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024. Bahkan, Anies telah bertemu dengan Rano Karno di DPP PDIP. Ia juga sudah mengenakan batik berwarna merah.

News Feed