English English Indonesian Indonesian
oleh

Dubes RI – KADIN Fayoum Bahas Promosi Bersama Produk Indonesia dan Mesir

HARIAN.FAJAR.CO.ID, KAIRO — Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan, M. Syahran Bhakti S. beserta staf melakukan pertemuan bisnis dengan KADIN Provinsi Fayoum (100 km dari Kairo).

Dalam pertemuan, Magdi Taha Mohamed Gaballah, Ketua KADIN Fayoum, menyambut hangat kehadiran Duta Besar dan delegasi KBRI Kairo di Kantor KADIN Fayoum dan mengharapkan pertemuan ini memberi manfaat bagi kepentingan perekonomian dan perdagangan kedua negara.

Duta Besar RI, Lutfi Rauf menerangkan, hubungan dan kerja sama perdagangan RI-Mesir dalam 1 (satu) dekade terakhir dinilai cukup positif, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai perdagangan Indonesia-Mesir pada tahun 2023 sebesar USD 1,51 miliar.

Komoditas perdagangan kedua negara selama ini saling melengkapi. Tidak saling bersaing. Indonesia mensuplai minyak sawit dan turunannya, biji kopi, kakao, kertas, briket arang, sabun, tuna, sarden kalengan, benang dan produk potensial lainnya. Adapun Mesir mensuplai ke Indonesia dia antaranya fosfat, kurma, jeruk, molases, anggur, stroberi, dan tanaman herbal.

Ketua KADIN Fayoum, Magdi Taha menyampaikan pihaknya sangat terbuka untuk bekerjasama dengan KBRI Kairo dan para pelaku usaha Indonesia termasuk KADIN di Indonesia.

KADIN Fayoum menawarkan promosi bersama produk Indonesia dan produk Mesir, kerja sama KADIN Fayoum dengan KADIN di Indonesia. Duta Besar RI menyambut gagasan ini dalam upaya perluasan selebar-lebarnya akses pasar produk Indonesia dan juga produk Mesir, hal ini sejalan dengan kesepakatan Joint Trade Committe (JTC) yang telah dilakukan pertemuan perdana di Jakarta, 31 Juli 2024 lalu.

News Feed