English English Indonesian Indonesian
oleh

Dakwaan Baru terhadap Trump dalam Kasus US Capitol

FAJAR, WASHINGTON–Penasihat Khusus AS Jack Smith pada hari Selasa mengajukan dakwaan baru dalam kasus pidana federal terhadap mantan Presiden Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik,

Sebelumnya, keputusan Mahkamah Agung memberikan Trump kekebalan menyeluruh dari penuntutan atas perilaku “resminya” sebagai presiden.

Dakwaan baru tersebut mencabut tuduhan spesifik tertentu terhadap Trump tetapi mempertahankan empat dakwaan pidana yang sama, termasuk konspirasi untuk menipu Amerika Serikat dan konspirasi untuk menghalangi proses resmi.

Dakwaan tersebut menuduh mantan presiden tersebut mengatur konspirasi untuk membatalkan pemilu 2020 dan mencabut hak pilih jutaan pemilih, sebuah rencana yang diduga menyebabkan serangkaian serangan kekerasan terhadap polisi di US Capitol pada 6 Januari 2021.

Menurut dokumen pengadilan, Trump didakwa menggunakan kampanyenya untuk mengulang dan menyebarluaskan secara luas klaim palsu tentang kecurangan pemilu, membuat klaim palsunya yang disengaja tampak sah, menciptakan suasana nasional yang penuh ketidakpercayaan dan kemarahan, dan mengikis kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu.

Trump telah berulang kali membantah semua tuduhan. Pengacara Trump berpendapat bahwa kata-kata dan tindakan mantan presiden tersebut pada dan sebelum 6 Januari 2021, merupakan penyelidikan yang sah tentang kemungkinan kecurangan pemilu.

Tim Trump sebelumnya menolak dakwaan tersebut berdasarkan kekebalan presiden, dengan alasan bahwa seorang presiden memiliki kekebalan mutlak dari tuntutan pidana.

News Feed