English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemacetan dan Kesehatan Mental

Harus diakui, kemacetan lalu lintas merupakan salah satu indikator utama dari meningkatnya volume kendaraan yang tidak diimbangi dengan kapasitas jalan yang memadai. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Transportation Engineering disebutkan bahwa pola kemacetan yang berulang pada jam-jam tertentu, sering kali disebabkan oleh demand-capacity imbalance. Disimpulkan bahwa jumlah kendaraan yang melintas jauh melebihi kapasitas jalan yang tersedia (Li, 2018). Persis yang terjadi pada titik tersebut, kapasitas jembatan sudah tidak ramah lagi dengan volume lalu lintas dari empat penjuru mata angin. Itu baru contoh satu ruas jalan, masih ada sejumlah titik kemacetan jalan dengan kondisi yang sama parahnya di Kota Makassar.

Jika becermin pada kondisi yang terjadi di negara lain sebagai perbandingan, kemacetan serupa pernah terjadi di Kota London, Inggris, tepatnya di ruas jalan yang dikenal sebagai salah satu jalan raya tersibuk di Eropa. Pada tahun 2003, London mengalami kemacetan parah akibat meningkatnya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Namun, melalui implementasi Congestion Charge pada tahun yang sama, di mana pengendara harus membayar biaya untuk memasuki pusat kota selama jam sibuk, masalah kemacetan berhasil diatasi secara signifikan.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Urban Economics 2006, menunjukkan bahwa kebijakan ini berhasil mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke pusat kota hingga 30%, serta mempercepat arus lalu lintas hingga 20%. Serupa dengan sistem Electronic Road Pricing (ERP)yang telah direncanakan untuk nantinya diterapkan di Indonesia, khususnya Kota Jakarta.

News Feed