English English Indonesian Indonesian
oleh

Di Serbia, Puan Diperlihatkan Surat Korespondensi Bung Karno dengan Presiden Tito

“Mewakili DPR RI, saya menyampaikan selamat kepada Yang Mulia Ibu Ana Brnabic yang telah terpilih menjadi Ketua Majelis Nasional Serbia pada 20 Maret 2024. Saya meyakini, pertemuan kita hari ini dapat berkontribusi untuk memperkuat kerja sama Indonesia dan Serbia,” tuturnya.

Puan menjelaskan hubungan Indonesia dan Serbia yang memiliki nilai sejarah tinggi menjadi pendukung kokoh kerja sama kedua negara di berbagai bidang saat ini. Hubungan diplomatik RI-Serbia dimulai tahun 1954 di mana saat itu Serbia masih tergabung dalam Republik Federasi Rakyat Yugoslavia. Tahun ini Indonesia dan Serbia memperingati 70 tahun hubungan bilateral.

Pertemuan Puan dengan Ana Brnabic berlangsung hangat, di mana keduanya menggarisbawahi pentingnya hubungan antar masyarakat (people-to-people contact) karena dapat menjadi fondasi bagi kokohnya hubungan kedua negara.

Menurut Puan, hubungan sejarah yang kuat di masa lalu dapat menjadi pendukung hubungan antar masyarakat. Untuk terus mendukung terciptanya hubungan antar masyarakat. Ia memandang perlunya kedua negara untuk terus memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan, ekonomi, olahraga, riset, hubungan politik, serta pariwisata dan pertukaran budaya.

Dalam pertemuan, mantan Menko PMK ini turut membahas soal situasi geopolitik dunia. Puan kemudian menjelaskan posisi Indonesia yang mendukung Palestina yang tengah berkonflik dengan Israel dan berharap parlemen Serbia dapat ikut berpartisipasi dalam upaya menghentikan tragedi kemanusiaan di Gaza yang telah memakan puluhan ribu korban.

News Feed