English English Indonesian Indonesian
oleh

Bahas BULD DPD RI Ranperda Pariwisata di Poltekpar Makassar

FAJAR, MAKASSAR — Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) menyambangi Politeknik Pariwisata (Poktekpar) Makassar. Turut hadir Ketua BULD DPD RI, Stefanus Banliow, Wakil Ketua II BULD DPD RI, Liy Amelia Salurapa.

Lalu sebagai pemateri ada Herry Rachmat Widjaja (Direktur Poltekpar Makassar), Azhar A Mattone (Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) dan Muhammad Arafah (Kadisbudpar).

Mereka berdialog dalam rangka pemantauan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) dan peraturan daerah (perda) terkait pariwisata di Auditorium Amanagappa Poltekpar, Lantai 8, Selasa, 27 Agustus.

Ketua BULD DPD RI, Stefanus Banliow mengatakan, sejalan dengan regulasi yang ditetapkan oleh pusat makanya menjembatani aspirasi daerah untuk melaksanakan pemantauan ranperda dan perda terkait pariwisataan. “UU ini memberikan kejelasan agar mampu menghadapi tantangan lokal ke depannya,” ucapnya.

Untuk itu Sulsel dipilih sebagai lokasi pembahasan karena sepanjang tahun 2024 kunjungan pariwisata di Sulsel mencapai 1407 kunjungan.

Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia, Azhar A Mattone mengatakan, hal-hal yang mesti diperhatikan untuk pengembangan ke depan yakni pariwisata berkelanjutan, hubungan pariwisata, dan pertanian.

“Mengapa pertanian, karena ini bisa jadi agrowisata yang bisa jadi daya tarik wisatawan berkunjung,” ucapnya.

Direktur Poltekpar Makassar, Dr Herry Rachmat Widjaja, mengatakan, mengenai Ranperda untuk pariwisata ke depan, sebetulnya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk memajukan pariwisata Sulsel.

News Feed